Pages

CUMLAUDE DI SETIAP SEMESTER SAMPAI LULUS DI PKN STAN, MUNGKIN ? BAGAIMANA ?

Pembukaan : 

Tulisan ini dibuat karena enggak semua alumni D IV PKN STAN yang nulis-nulis blog (emang udah ga jaman kayaknya ya pada beralih ke instaram or youtube) tentang pengalaman kuliahnya pas D-IV dan melanjutkan kuliah master / doktornya. Menurut gw menulis di blog lebih menyenangkan buat menyebarkan informasi karena ngelink juga dengan google jadi mungkin lebih mudah ditemukan.

Tulisan kali ini tentang cumlaude yang menurut gw penting enggak penting karena visi misi tiap individu kuliah beda-beda, tapi akhirnya setelah gw pikir lagi ya penting sih.

Cumlaude Setiap Semester bahkan sampai lulus dari PKN STAN ? memang mungkin ya ? kan terkenal susah banget kuliah di STAN, masuknya aja udah susah.

Memang penting banget harus cumlaude ya ? yang penting lulus sih dan bisa kerja dengan baik, cumlaude belum tentu pinter di kehidupan sehari-hari ? 

(kalau kalian sudah bertanya-tanya dalam hati tentang ini segeralah enyah dari sini, mungkin tulisan ini bukan buat kalian hahahaha)

FYI gw lulusan DIV Akuntansi Alih Program (Tugas Belajar) yang lulus tahun 2021 lalu. Sehubungan dengan gw menulis cumlaude gw minta ijin dan mohon maaf dulu sama suhu-suhu seangkatan yang lebih bagus dan jenius dibandingkan gw yang cuma survival. Kenapa gw ngomong kayak gitu ? karena ya yang cumlaude lumayan banyak lah.

Sedikit background, gw adalah lulusan DIII Akuntansi, jadi di DIV nya hanya tinggal meneruskan 3 semester yaitu semester VII, VIII, dan IX, di mana semester IX udah enggak ada kuliah cuma ada penulisan skripsi dan ujian skiripsi dan komprehensif. So.. karena gw menuliskan tiap semester cumlaude ya berarti dari semester VII, VIII, IX sampe IPK lulus ya cumlaude.


Bisa dilihat di atas ya range penilaiannya. Untuk bisa lulus dengan cumlaude (dengan pujian) itu ada di range IPK 3,51 - 4,00. So menurut gw safe spot nilai seharusnya berada di antara B+ sampai dengan A sih. Tapi gw juga pernah dapet B sih (males banget gw inget matkul-matkul ini).

Jadi gw breakdown aja ya dari semester VII - VIII karena 2 semester ini ada perkuliahan. 

1. Gw analisis dulu mana aja mata kuliah yang memungkinkan untuk dapat gw kuasai dan berada di range A- sampai dengan A, caranya gimana ? 

AWAL SEMESTER :  kan dibagiin tuh silabus kuliah untuk 1 semester penuh jaid bisa dilihat lah dari awal sampai akhir akan belajar apa, lo self assessment aja deh kemampuan diri terus, kira-kira beban kuliah dan tugasnya mana yang paling berat dan susah. Terus lo bikin forecasting deh tuh setiap mata kuliah.

SETELAH UTS : nah biasanya kan abis UTS ketahuan kan mana yang lo perkirakan bisa dan mana yang lo perkirakan "udah lah gw ga bakalan bisa ini susah banget dan bakalan menguras energi dan yang lainnya malah keteteran"

Inget ya jangan ada D apalagi E di mata kuliah tertentu, entar malah DO pula.

Gw bikin contoh tabel di bawah ini ya, misal ada audit healing yang bikin lo jadi cengo terus udah males banget deh belajarnya atau setiap ketemu dosennya lo ga suka (ga suka aja gitu lah pokoknya ga tau mungkin lo dikutuk semesta jadi benci sama dosen tertentu). Kedua matkul itu diprediksi awal dikisaran B- sampai B+, dan setelah UTS sama. Ada juga ternyata revisian di matkul lain.


Menurut gw ini oke sih kisaran 3,52-3,54 utuk dijadiin target.

2. Untuk mencapai target lo itu ya kejar di nilai UTS dan UAS ya (kayaknya beda-beda sih bobot tiap matkul) tapi rata-rata 60% untuk UTS dan UAS 40% untuk Aktifitas. 

Nah sebelum masuk ke UTS dan UAS, kita ke kehidupan sehari-hari perkuliahan dulu ya. Aktifitas ini bisa diambil nilainya dari quiz, kehadiran, tugas presentasi, keaktifan, tugas besar kayak bikin jurnal or karya tulis, dll.

Jadi prinsipnya, kalau lo mau santai (eh ga santai-santai banget juga sih) kalo gw prioritas nya gw urutin 
1. Quiz / Tugas Besar
2. Kehadiran
3. Tugas Presentasi / Tugas Besar

Kenapa gw pilih quiz yang pertama dan tugas besar individu , karena semua ini dikendalikan sama diri lo sendiri, jadi sebisa mungkin kejar deng nilai kuis setinggi-tingginya. Kan biasanya materi quiz gak sebanyak UTS or UAS kan. Nah ketika lo belajar buat quiz, artinya lo udah belajar buat UTS or UAS kan dan ini menguntungkan banget karena nanti kalau mau Ujian ya tinggal reviu atau inget-inget lagi aja sih. 

Kehadiran nomor 2 karena ada jumlah maksimal tertentu gak masuk, gw waktu itu pernah ijin ga masuk karena nemenin orang tua opname jadi gw absen di beberapa mata kuliah. Dan ini sekali ketinggalan jadi ribet banget dah harus minta ajarin temen deh akhirnya.

Yang ketiga tugas presentasi berkelompok atau tugas besar nerkelompok. Mostly dinilai banget dan karena ngerjainnya bareng-bareng jadi outputnya ditentukan oleh beberapa orang kan. Dan tugas kelompok + presentas ihampir setiap minggu ada pula ckckckck. Tugas Besar ini bisa jadi hambatan bisa juga jadi batu loncatan. Kenapa gw bilang bisa jadi hambatan, karena ada 1 mata kuliah pas UTS/UAS tuh tertulis tapi tetep ngumpulin tugas karya tulis, dan gw inget banget hampir semua kelompok di kelas pada belum selesai dan dikebut. Dikebutnya ditengah-tengah jadwal ujian bayangkan. Bahkan gw inget banget di tengah-tengah minggu Ujian gw dan kelompok gw tetep penelitian lapangan untuk menyelesaikan laporan di salah satu puskesmas di Tangerang Selatan. Jadi galau ngetik laporan sambil overthinking belom mendalami materi ujian. Tapi... di lain sisi ini jug angebantu banget lho buat jadi ide skripsi kita nanti. Ga usah pusing-pusing cari tema skripsi lagi deh. Ini juga bisa membantu meraih nilai skripsi yang bagus kan. Persiapan dini.

Untuk sisanya bisa lah dikejar tipis-tipis. 

3. Keliatannya ribet ya, tunggu dulu. Belum kepotong sama kegiatan kayak organisasi (gw cuma jadi pengurus sih walau gak aktif-aktif banget) dan ikut lomba (waktu itu gw ikut lomba parade riset akuntansi di Universitas Pakuan bareng kampus-kampus yang ada di Jawa Barat). Nah ini bisa jadi lo gak masuk kelas dan ketinggalan kuliah kan , jadi mungkin lo perlu komunikasi sama temen terdekat lo. Gw waktu itu karena ikut lomba jadi  ikut 1 kuis susulan  dan dak ikut 1 presentasi. Kenapa ikut lomba ? ya karena gw udah nangguh sih di DIV kapan lagi ikut-ikut, urusan menang kalah bisa sambil jalan. Plis guys ikut kegiatan akademik kayak gini penting, selain pengalaman juga dapet nilai kredit dari kampus.

4. Bentuk kelompok belajar. Gw sih cuma 3 orang termasuk gw, nah mungkin 2 orang di kelompok gw ini ada kelompok lagi di luar ini gw gak tau. Tapi gw lebih nyaman dan kondusif bertiga dan emang nyambung. Ini grup hidup banget sih bahas kuliah sampe non kuliah. Ini bisa jadi selingan juga kalau lo jenuh. Karena bertukar pikiran sama teman-teman terdekat ini perlu. Walaupun gw intro tapi gak ansos-ansos banget sih.

5. Udah semua perkuliahan bla-bla saatnya mendekati UTS atau UAS, nah biasanya baru 2 minggu sebelum ujian gw belajar (jangan ditiru guys). Minggu-minggu sebelumnya gw hepi-hepi dan gak memperbaiki catatan-catatan kuliah. Nah mulai 2 minggu akhir baru gw beres-beres sampai dirasa cukup. Saat-saat mendekati ujian juga saat-saat di mana kita saling tukar pikiran dan jawaban latihan soal/studi kasus di grup (ga ada yang pelit kok). itu juga membantu banget. Habis ujian plis jangan dipikirin banget-banget-banget karena mendingan lo langsung move on deh untuk ujian matkul selanjutnya. kepikiran lain-lain malah buang waktu.

Tips ujian :

di DIV biasanya bentuknya PG+Essay+Studi Kasus. Ada juga yang studi kasus semua. Lo harus move on dari cara belajar lo pas DIII yang misalnya cuma menghafal dan memahami untuk menjawab pertanyaan sebutkan, jelaskan, bagaimana, apa , kenapa. Lo harus lebih dalam lagi buat berhasil ngerjain studi kasus. Pahami kasus (jangan kejebak)--pahami apa yang diminta kasus--pakai dasar teori dan argumen yang tepat (yang enggak ada di kasus ga usah dibahas biar jawaban lo panjang)--solusi yang tepat

Kalo lo pake lembar tamabahan pas ujian, jangan lupa tulis identitas yang diminta juga di lembar tambahan. Kalo lo gak nulis dan kertas tercampur sama yang lain kan lo juga yang rugi, so jaga-jaga lebih baik ya guys.

PLIS KALO MISAL UJIANNYA TULIS TANGAN, AT LEAST TULISAN LO KEBACA. sebelum ujian coba lo kasih tulisan lo satu paragraf aja ke temen lo, dan suruh baca deh tulisan lo.

Good luck ya studi DIV nya, Untuk ulasan di semester IX yaitu skripsi dan kompre nanti-nanti aja kalau ada waktu gw tulis lagi. Plis kalau kalian memang sedang studi atau sudah lulus, sabi lah berbagi cerita di blog kalian. Pengalaman kalian berharga buat pembaca.

0 komentar:

Post a Comment