Pages

Pengalaman Kuliah di STAN



Pengalaman Kuliah di STAN




image source : google.com

Update 2020

Sekilas tentang PKN STAN

Kampus PKN STAN ada di Bintaro sektor 5 Tangerang Selatan. Terdiri dari 4 Jurusan Yaitu

AKUNTANSI

1. D IV Akuntansi Reguler
2. D IV Akuntansi Alih Program AKT

3. D IV Akuntansi Alih Program NON AKT
3. DIII Akuntansi Reguler
4. DIII Akuntansi Alih Program


KEPABEANAN DAN CUKAI

1. DI Kepabeanan dan Cukai
2. DIII Kepabanan dan Cukai

3. DIII Kepabeanan dan Cukai Alih Program

PAJAK

1. DI Pajak
2. DIII Pajak

3. DIII Pajak Alih Program
3. DIII PBB/Penilai


MANAJEMEN KEUANGAN

1. DIII Manajemen Aset
2. DI Kebendaharaan Negara
3. DIII Kebendaharaan Negara

Sewaktu Pendaftaran Sampe Lolos USM


ya begitulah pertama kali persiapan mau kuliah disana pas September 2014 kemarin. Semenjak saat itu gw harus menjalani hari-hari gw sebagai mahasiswa lagi karena lulus DIII Akuntansi kurikulum khusus (sekarang bernama DIII Akuntansi Alih Program). Well, That's a big chance for me to fly away to the sky with Education. Disini gw belum terlalu banyak dapet pengalaman sih secara baru dua bulan, tetapi sepertinya banyak yang butuh info terntang SPMB PKN STAN. Oke let us start !!. Yang pasti persiapkan pilihan jurusan yang kalian inginkan. Jangan terlalu coba-coba buat masuk STAN secara untung-untungan, kasian nanti kalian kuliahnya keteteran di sini. Percaya deh susahnya USM ga seberapa dibanding sama survive kuliah di kampus ini. Banyak yang dari SMA nya emang pinter-pinter. Jadi bagi kalian yang berasa pinter, kalian tidak sendiri, banyak yang pinter juga. Buat yang merasa dirinya butiran debu, percaya lah kalian kalo udah lolos USM berarti top juga dong.

April 2014


Denger dari teman kantor pembukaan pendaftaran STAN DIII Khusus . What in the middle of the year ???? , it was unusual, pada saat itu gak tertarik sama sekali karena udah males banget lah. Felt so many bored about the twice failure in 2012 and 2013 lagipula gw belom belajar sama sekali dan tetiba pengumuman itu hadir begitu saja. My my "initial D" friend always asked me to join the examination more and more until the deadline of registration. Well Then, i decided to take it. Thanks D :) Kalo ga dipaksa mungkin ga kesampean kali ya kuliah di sini hhhe. Di sini gw sama sekali ga ada niatan banget buat daftar sebenernya, malahan yang ngedaftarin dll sampe isi form dan upload2an foto itu yang ngelakuin adalah temen gw itu. Kalo gak di daftarin dia , mungkin gw juga ga bakalan ikut.

Mei 2014

The day of Exam

Gw dapet ujian di STAN Kampus Bintaro. Ujian dimulai jam 9 kalo ga salah. Gw dateng jam 9 kurang 10 karena kena macet. Gw ga ribet nyari ruangan lagi karena udah tau tempat ruangan ujiannya. Hari pertama itu we did Tes Potensi Akademik consist of Perbendaharaan kata dari KBBI that was so many difficult for me kayaknya cuma bisa 1/4 aja pada bagian itu gw bisa. Secara gw ga pernah denger kata-kata untuk dicari sinonim dan antonim mereka. "Baru buka soalnya aja udah ngedown hha" . Bagian kedua hanya membaca paragraf panjang untuk dicari jawabanya pada apa yang dipertanyakan di soal, it's handled. next matematika (itung-itungan sama logika) oke skipped it awhile gw ngerjain bagian belakang dulu yaitu tentang deret,gambar-gambar kayak di psikotes yang bikin puyeng and then gw ngerjain matematika yang sebenernya males banget gw kerjain. Buat yang pusing sama matematikanya, ga usah dipusingin biarin aja.



Part 2 setelah TPA selesai with no space of rest time kita langsung ngerjain Tes Bahasa Inggris dan soal TPA harus ditutup selama-lamanya dan gak boleh dikerjain lagi.

Untuk sedikit pencerahan TPA bisa di baca di sini : Pengalaman Test DIV


Pada bagian ini kita dihadapkan pada grammar seperti dalam TOEFL test kayaknya. Reading paragraf panjang untuk dicari kesimpulan and arti kata , pada bagian ini kayaknya menekankan pada keefisienan dalam membaca paragraf dan vocab. Ada 60 soal and gw isi semua (walau ga tau bener apa kagak). Yang soal bikin pusing tuh readingnya, jadi sabar2 aja baca wacana. Kalo yang udah pernah tes TOEFL dan score nya 500++ mah ga usah khawatir lagi kayaknya.


Finally selesai test hari pertama. Besok adalah hari kedua yaitu Psikotes

The second day of Exam


Psikotes, huuh dengernya aja udah males pasti bakalan lama dan bikin tangan pegel, pada bagian ini relatif lah ya hasilnya untuk setiap orang jadi gw ngerjain sebaik baiknya dan dalam tempo yang diberikan oleh instrukturnya. Just followed the instruction aja sih intinya. Oia jangan lupa bawa pensil HB (mandatory) tapi ga wajib bawa penghapus, bahkan kalo bisa malah gausah pake penghapus lah. . . . Kalo misalnya sempet sih kan nanti ada istirahat di sela-sela tes nya. Gw dulu nyempetin bawa air putih, air berasa ( maksudnya minuman berasa), sama cokelat yang bikin rileks. Kalo ga boleh bawa minuman dll ya bawa aja permen taro di kantong. Buat yang tangannya suka keringetan, bawa tisu atau sapu tangan soalnya di akhir nanti ngerjain Pauli. Kalo tangan basah kan ga enak nempel di kertas segede KORRAAN.

The day of Result Released ( June 2014 )

I saw the announcement at www.stan.ac.id and saw 117 yang lolos sebagai mahasiswa.

Matriculation Day ( September 2014)



In the End of September diharuskan mahasiswa sudah harus daftar ulang dan mengikuti orientasi pengenalan kampus. I will not tell bout it karena ospek adalah bagian paling males yang gw jalanin as you know this is Indonesia with the weird system of OSPEK just like ewwwwrrrrrr whatever lah.

Hello Accountancy. Ya akhirnya saya diterima sebagai mahasiswa Akuntansi. Ya namanya juga STAN pasti terkenalnya akuntansi nya lah. Yang lainya juga terkenal kok pajak, bea cukai, dll dll dll

kemudian . . . .



To be frank, gw sempet kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri bernama I*B (Vokasi) dengan major Akuntansi. Anak IPA yang banting setir ke ranah anak IPS sungguh egois keputusan yang gw ambil. Menjalani 1 tahun kuliah dan mengundurkan diri karena suatu hal yang tidak bisa dijelaskan hanya dengan satu paragraf saja. Lagipula, Akuntansi bukan passion gw juga sih, but IPB nya sendiri merupakan institusi pendidikan yang patut diacungi jempol dengan SDM pengajar yang kompeten serta sarana dan prasarana yang memadai untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya disana. Thank IPB love you so lah . . . . 

di STAN gw ketemu Akuntansi lagi, What the . . . . . .

ya gw menerima dengan tabah dan lapang dada akan menjalani ini dan pada akhirnya gw nyaman banget dengan akuntansi yang tidak begitu semengerikan yang gw bayangkan selama ini.

Suasana Kuliah


Kuliahnya ada 16 kali pertemuan, setiap 8 pertemuan selesai UTS atau UAS. Kuliahnya moving class dengan sistem kelas sendiri-sendiri. jadi nanti pas kuliah kamu dibagi dapet kelas berapa, misalnya semester 1 , kamu nanti dapet kelas 1A 1B 1C dst nanti kelas tersebut akan tetap sampe 2 semester untuk kemudian dirolling lagi. Biasanya kuliahnya dari jam 07.30 sampe 17.00 atau bisa juga hari Sabtu (biasanya kalo mau deket-deket ujian). Perkuliahan dilaksanakan di gedung C , D , E , I, J, atau B (untuk DIV biasanya) setiap semester ada 6-9 mata kuliah jadi ga banyak-banyak banget, tapi jangan terlena karena kuliahnya kadang santai kadang tidak, tau tau ehhh udah mau UTS/UAS aja gitu.

Buku yang dipake


1. Biasanya buku dipinjami dari perpustakaan kolektif kelas

2. Pinjam dari perpustakaan mandiri

3. kakak kelas atau adek kelas

4. download sendiri softcopy atau dosen kadang-kadang kasih

5. modul biasanya dapet dari kampus
6. Fotokopi sendiri (jiwa pembajak mahasiswa hhhe)



Untuk Diploma III Akuntansi, buku akuntansinya pasti pake yang bahasa inggris walau ada juga terjemahannya yg ga enak dibaca. Matkul lain juga banyak bukunya yang pake english. Intinya english bukan lagi barrier buat kalian yang mau kuliah. Bahasa pengantar dosen tetap Indonesia.

Kosan

STAN gak punya asrama untuk mahasiswanya. Untuk kosan biasanya emang di sekitaran kampus banyak kok seperti di kalimongso, ceger, PJMI, Pondok jaya , pondok safari dll

UTS/UAS

Sebenernya males sih ngomongin ujian hhha,suasana UTS dan UAS di STAN itu lumayan meneganggkan (serius cobain aja sendiri ) mendekati ujian akan banyak muka-muka panik dan beredar bebebrapa pertanyaan seperti

1. "Eh udah belajar belom"? gw belom nih
2. Bro/Sis copy catetan lo boleh ga ?
3. Lo udah baca sampe bab mana aja ?
4. Kira-kira essaynya apa ya?
5. Kenapa ya gw masih dalam kesendirian?

abaikan yang nomer 5 hhha
Setelah 8 minggu pertemuan akan diadakan UTS 8 minggu pertemuan lagi kemudian UAS. Semua mahsiswa Wajib ikut UTS dan UAS. Tidak ada ujian perbaikan sama sekali. sekali gagal berarti you have to say good bye.


Biasanya UTS atau UAS berlangsung selama 2 minggu. tempat ujiannya dan waktu ujiannya nanti ada kok jadwalnya, asalkan memenuhi kehadirian minimum kamu boleh ikut ujian, kalo engggak berarti. . . . .siap-siap cau lah sana.

Tapi ada ujian susulan buat yang alasannya ekstra kuat dan reasonable, jadi harus disetujui dulu sama Direktur STAN surat ijin tsb diterima atau tidak.

Seragam Kuliah

Senin dan Rabu atasan putih bawah gelap sepatu bebas
Selasa dan Jumat Atasan cerah bawah gelap sepatu bebas

Kamis baju nusantara/Batik bawah gelap sepatu bebas


KTM harus selalu dibawa dan digantung dileher sebagai Nametag. KTM ini berguna untuk aspek-aspek kampus mengenali kamu sebagai mahasiswa , misal petugas perpus, teman angkatan, security parkiran dll
bagi yang mau tanya-tanya bisa kontak ke

finyudistira@gmail.com atau ask.fm/AlfinHalim

FAQ


sebenernya banyak yang nanya tentang kuliah di STAN via email atau ask.fm yaitu tentang gmana kuliah di stan, biaya kuliah di stan, jurusan yang paling enak yang mana, gmana cara daftarnya dll

Berikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan ke gw :

BIAYA KULIAH



Tapi pertanyaan yang paling hits adalah "biaya kuliah" di STAN , mungkin banyak yang belum tau kalo kuliah di stan itu gratis (gratis sist bro) terus nanti kalo lulus siap-siap ditempatin ya di seluruh Indonesia (buat yang cengeng pikirin ini baik-baik ya). Untuk buku bisa dipinjami di perpus, tapi kalo mau beli sendiri silakan. 

TKD

terus ada lagi bahwa lulusan STAN itu harus ikut TKD 


(Tes Kompetensi Dasar) sama halnya kayak tes buat masuk CPNS jadi abis lulus jangan seneng dulu, masih ada TKD belajar lagi deh . . . Tapi sekarang TKD masuk ke dalam USM STAN. Kalo yang saya tau bagi calon MABA yang dapet lokasi ujian TKD di STAN, nanti ngerjainya di Lab Komputer, soal-soal semua berbasis komputer. Masuk keruang komputer ga boleh pake alas kaki
( hhhe)


PENDAFTARAN STAN
cara daftar di STAN , buka aja web www.pknstan.ac.id itu udah sumber paling valid sevalid-validnya daripada kalian di-PHP-in akun2 twitter/fb/dll yang ngeshare-ngeshare tentang USM STAN

BAHAN TES USM STAN
ada juga yang nanya , bahan tes nya apa aja, bahan tesnya untuk D1 dan D3 reguler yaitu TPA dan TBI , bentuknya ? google deh banyak pasti, tapi kalo untuk D3 Kurikulum Khusus, D4 Kurikulum khusus , D4 Reguler ada tambahan tes lainnya (kalo mau tanya silakan email saya ). TPA nya mirip-mirip sama soal di SBM PTN tapi biar afdol belajar dari buku USM aja. Dan setau saya STAN ga pernah secara resmi publish buku USM, jadi buku yang beredar bukan dari STAN tapi berguna untuk USM STAN

TEMPAT LES/BIMBEL

saya dulu ga ikut les , jadi ga tau atau ga bisa rekomendasiin tempat, tapi yang jelas disekitaran kampus banyak bimbel buat USM STAN

JAWAB BERAPA SOAL BIAR LULUS

yang pasti lewati nilai mati yang telah ditetapkan



tapi gw dulu jawab semua, soalnya ga sreg aja ada yang bolong, terus pensil ini sayang banget ga dipake buat bulet2in, biarlah pensil 2b menjalankan tugasnya dengan baik (ini pas gw daftar D1 ) pas daftar D3 khusus bisa baca cerita gw di atas


Bagi yang mau membaca pengalaman saya Test Diploma IV (Diploma Empat yang alhamdulilah lulus silakan cek berikut ini : Test DIV disitu saya menjelaskan terkait pengalaman tes saya dari awal sampai akhir (Cocok untuk yang ingin melanjutkan ke DIII Alih Program ataupiun DIV Alih Program)

2 komentar:

  1. Boleh silakan ke email saya finyudistira@gmail.com

    ReplyDelete
  2. sebelumnya di instansi mana? dan potongannya apa aja kak?

    ReplyDelete